ARSITEKTUR dan ORGANISASI KOMPUTER
A. Arsitektur Komputer :
Arsitektur Komputer merupakan konsep perencanaan dan juga
struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer
adalah ilmu tentang tata cara interkoneksi antara bermacam - macam komponen
perangkat keras (hardware) agar dapat melahirkan sebuah komputer yang
melengkapi kebutuhan fungsional, kinerja serta target keuangannya.
Jenis-jenis arsitektur
komputer yakni adalah:
1. Komputer MISD
2. Komputer MIMD
3. Komputer SISD
4. Komputer SIMD
Contoh sebuah sistem arsitektur computer adalah jumlah bit,
mekanisme I/O dan teknik – teknik addressing dari memori.
B. Organisasi Komputer
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi
antar komponen penyusun sistem komputern dalam merealisasikan aspek
arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit
operasional komputer dan hubungan antara komponen-komponen sistem komputer.
Contoh dari organisasi komputer:
– Bagian yang terkait dengan erat dengan
unit-unit operasional.
– teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi
– teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi
memori, dan sinyal – sinyal control.
C. Struktur/Bagan Dasar Komputer
Struktur
computer adalah cara – cara dari tiap komponen saling terkait. Struktur
computer secara sederhana dapat digambarkan dalam diagram blok pada gambar
struktur dasar computer.
Gambar struktur dasar komputer
1. Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras
komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke
dalam komputer. Contoh : keyboard
2. Output Device (Alat
Keluaran)
Adalah perangkat keras
komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan
data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor),
ataupun berupa suara.
3. I/O Ports
Bagian ini digunakan
untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output
di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing
Unit)
CPU merupakan otak
sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical
Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit)
sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori
Memori terbagi menjadi
dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa
RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita
olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya
bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama
kali dinyalakan.
6. Data Bus
Adalah jalur-jalur
perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat
tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah
saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data
bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional,
artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus
biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7. Address Bus
Digunakan untuk
menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur
ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.
8. Control Bus
Control Bus digunakan
untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri
atas 4 sampai 10 jalur paralel.
sumber:
https://materibelajar.co.id/pengertian-arsitektur-komputer/
http://student.blog.dinus.ac.id/titowae/2015/06/24/perbedaan-organisasi-komputer-dengan-arsitektur-komputer/
http://syakur.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/42906/KTI-Materi3+Sistem+Komputer.pdf
https://materibelajar.co.id/pengertian-arsitektur-komputer/
http://student.blog.dinus.ac.id/titowae/2015/06/24/perbedaan-organisasi-komputer-dengan-arsitektur-komputer/
http://syakur.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/42906/KTI-Materi3+Sistem+Komputer.pdf
Komentar
Posting Komentar